Macam-Macam Hukum Tajwid dan Contohnya Lengkap


Al-Qur'an adalah salah satu kitab Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muahammad Saw sebagai kitab suci umat Islam, untuk dapat membaca al-Quran dengan benar kalian harus mempelajari ilmu tajwid agar kalian tidak salah dalam membacanya karena apabila salah dalam membaca al-Qur'an maka kalian akan mendapatkan dosa.

Bagi kalian yang ingin membaca al-Qur'an sebaiknya kalian mencari orang yang sudah mahir dalam membacanya dan menggunakan al quran dengan tajwid warna agar dapat memudahkan dalam belajar membacanya.

Sebagai umat islam kita semua diwajibkan untuk membaca, mempelajari, memahami dan menerapkan nila-nilai yang terkandung didalam al-Qur'an agar dapat hidup dengan baik di dunia maupun di akhirat. Membaca al-Qur'an juga memiliki pahalanya sangat besar walaupun membacanya hanya satu ayat.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai materi tajwid lengkap yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Pengertian Ilmu Tajwid

Apa yang dimaksud dengan Tajwid ?

Tajwid adalah berasal dari kata jawwada (جوّد-يجوّد-تجويدا) yang berarti bagus atau membaguskan (menurut bahasa), sedangkan secara harfiyah تجويد dapat bermakna melakukan seuatu dengan baik, indah dan bagus atau membaguskan. Didalam ilmu Qiroaat tajwid memiliki arti mengeluarkan huruf dari asalnya dengan kaidah-kaidah bacaan yang ia miliki.

Apa yang dimaksud dengan ilmu Tajwid ?

Ilmu Tajwid adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari dan membahas tentang cara membaca, membunyikan atau mengucapakan bacaan al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai kadidah yang sudah di tentukan.

Hukum Mpelajari Ilmu Tajwid

Apa Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid?

Hukumnya adalah wajib dikarenakan apabila seseorang salah dalam membaca al-Qur'an maka ia akan berdosa disamping itu juga apabila salah dalam membaca satu huruf saja maka akan berbeda maknanya.

Adapun hal-hal yang dibahas dalam ilmu meliputi ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek ucapan), shifatul huruf (cara pengucapan huruf), makharijul huruf (tempat keluar-masuknya huruf), ahkamul huruf (hubungan antar huruf), ahkamul waqaf wal ibtida’ (memulai dan menghentikan bacaan).

Selain mengunakan buku atau kitab tajwid kalian juga dapat mengunakan al quran tajwid online yang sudah tersebar di internet tetapi ingat kalian tetap harus memiliki guru mengaji dirumah atau di masjid agar sanat keilmuannya sambung sampai Rasulullah SAW.

Dalil Mempelajari Tajwid

Quran Surat Al-Muzzammil Ayat 4

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ ٱلْقُرْءَانَ تَرْتِيلًا

Artinya: Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil.

Quran Surat Al-Furqan Ayat 32

وَقَالَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ لَوْلَا نُزِّلَ عَلَيْهِ ٱلْقُرْءَانُ جُمْلَةً وَٰحِدَةً ۚ كَذَٰلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِۦ فُؤَادَكَ ۖ وَرَتَّلْنَٰهُ تَرْتِيلًا

Artinya: Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al-Qur'an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?"; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).

Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwasanya Allah memerintahkan kepada nabi Muhammad SAW dan umatnya agar membaca al-Qur'an dengan tartil.

Manfaat Mempelajari Ilmu Tajwid

Adapun manfaat mempelajari ilmu tajwid sangat banyak sekali dan kami sudah merangkum poin-poinnya dibawah ini.
  1. Menjaga lidah dari lahn (kesalahan) atau menghindarkan dari kesalahan saat membaca Al-Quran.
  2. Mengetahui bagaimana cara membaca Al-Quran yang Benar.
  3. Mempelajari Tajwid Bagian dari Menjaga Al-Quran.
  4. Tahu adab atau tata krama dalam membaca Al-Quran.
  5. Mampu melafalkan bacaan dengan benar.
  6. Dapat memelihara kemurnian dari bacaan Alqur’an melalui tata cara membaca Al-Qur’an yang benar.

Macam- Macam Hukum Bacaan Tajwid

Macam-Macam Hukum Tajwid
Pembagian Hukum Tajwid

Adapun hukum bacaan tajwid yang dapat kita pelajari untuk membaca al-Qur'an sangatlah banyak teman-teman, seperti hukum bacaan izhar, baacaan idghom, bacaan idghom, bacaan qolqolah dan hukum bacaan mad.

Kami sudah merangkumkan materi ilmu tajwid dasar yang dapat kalian pelajari dengan mudah dan jelas, tujuan kami adalah agar kalian mampu membaca al-quran dengan baik dan benar.

Macam-Macam Hukum Bacaan Tajwid

1. Izhar (اِظْهَارْ )

Macam-Macam Hukum Tajwid
Pembagian Izhar
 
Menurut bahasa Izhar adalah jelas atau terang, sedangkan menurut istilah adalah apabila ada nun mati (sukun) atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf halqi maka dibaca jelas atau terang.

Contoh Izhar

يَنْئَوْنَ yaitu nun mati bertemu hamzah

كُلٌّ اٰمَنَ yaitu tanwin bertemu hamzah

يَنْهَوْنَ yaitu nun bertemu ha'

Macam-Macam Izhar

Izhar terbagi menjadi 3 macam yaitu izhar halqi, izhar syafawi dan izhar qomariyah.

1. Izhar Halqi

Izhar halqi adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan huuruf halqi maka dibaca jelas atau terang.

Adapun huruf halqi ada 6 macam yaitu ء هـ ح خ ع غ. Dinamakan dengan huruf halqi ( الحَلْقِي ), karena makhraj huruf izhar berada di halqi (tenggorokan).

Contoh Izhar Halqi

قَوْمٍ هَادٍ yaitu tanwin bertemu huruf ha'

مِنْ عِلْمٍ yaitu nun mati bertemu dengan 'ain

2. Izhar Syafawi

Izhar Syafawi adalah hukum bacaan tajwid apabila ada nun mati ataun tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah selain mim dan ba'. Ada 26 huruf hiyaiyah yaitu ا : alif atau ء : hamzah, ت : ta, ث : tsa, ج : jim, ج : ha, خ : kho, د : dal, ذ : dzal, ز : zay, zayy atau za, س : sin, ش : syin, ص : shod, ض : dhod, ط : tho, ظ : zho, ع : ain, غ : ghoin, ف : fa, ق : qof, ك : kaf, ل : lam, ن : nun, هـ : ha, و : waw, ي : ya.

Cara membaca izhar safawi yaitu dengan cara mim mati dibaca jelas tanpa berdengung sedikitpun , tidak boleh diidghomkan.

Contoh Izhar Syafawi

مِنْ رَبِّهِمْ وَاُلٰئِكَ yaitu mim mati bertemu dengan wawu

اَنْعَمْتَ yaitu nuun mati bertemu dengan 'ain

3. Izhar Qomariyah atau Alif Lam Qomariyah


Izhar Qomariyah adalah hukum bacaan tajwid apabila ada alif lam bertemu dengan 14 huruf hijaiyah, yaitu (ا ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و ه ي).

Adapun cara membaca izhar qomariyah yaitu dengan cara alif lam dibaca dengan jelas, tanpa diidghamkan atau dimasukkan ke dalam huruf setelahnya.

Contoh izhar qomariyah

اَلْحَمْدُ yaitu ada alif lam bertemu dengan huruf kha'

KESIMPULAN

Di dalam ilmu tajwid terdapat 3 izhar yaitu:
  • Idzhar halqi: hukum nun mati atau tanwin.
  • Idzhar syafawi; hukum mim mati
  • Idzhar qomariyah: hukum alif lam.
Baca Juga Penjelasan Lebih Lengkapnya: Hukum Bacaan Izhar dan Contoh Lengkap

2. Idgham ( اِدْغَامْ )

Macam-Macam Hukum Tajwid
Pmbagian Idghom

Idghom artinya memadukan atau menyampurkan dua huruf atau bisa juga disebut sebagai memasukkan satu huruf kedalam bunyi huruf setelahnya.

Menurut bahasa idghom berasal dari kata al-idkholu (الْاِدْخَالُ), yang berarti memasukkan. Sedangkan menurut istilah idghom adalah:

عِبَارَةٌ عَنْ خَلْطِ الْحَرْفَيْنِ وَإِدْخَالِ أَحَدِهِمَا فِي الْآخَرِ

“suatau pelafalan dari kumpulnya dua huruf dan memasukkan salah satu hurufnya ke huruf lainnya”.

Berdasarkan tempat keluarnya, idghom terbagi menjadi 3 macam, yaitu:
  • Idgham Mutamatsilain
  • Idgham Mutajaanisain
  • Idgham Mutaqaribain

Macam-Macam Idghom

1. Idgham Mutamatsilain

Mutamassilain memiliki arti dua huruf yang sama. Sedangkan pengertian dari idgham mutamassilain menurut istilah adalah :

أَنْ يَتَّفِقَ الْحَرْفَانِ مَخْرَجًا وَصِفَةً

“Jika ada 2 huruf yang sesuai makhraj dan sifatnya”

Kita dapat menyimpulkan bahwa idgham mutamassilain adalah apabila ada huruf hijaiyah yang sukun atau mati bertemu dengan huruf hijaiyah yang sama. 

Contoh idgham mutamassilain

فَاضْرِبْ بِّهِ Yaitu huruf ba' bertemu dengan huruf ba'

كَانَتْ تَّعْمَلُ Yaitu huruf ta' bertemu dengan huruf ta'

2. Idgham Mutajaanisain

Mujannisain memiliki arti dua huruf yang sejenis. Sedangkan idgham mutamassilain menurut istilah adalah :


أَنْ يَتَّحِدَ الْحَرْفَانِ مَخْرَجًا وَاخْتَلَفَا صِفَةً

“Apabila ada kecocokan 2 huruf dalam makhrajnya dan berbeda sifatnya”

Idgham mutajanisain adalah bertemunya antara dua huruf yang sama makhrajnya tetapi tidak sama sifatnya seperti bertemunya huruf mim dan ba' contohnya اِرْكَبْ مَّعَنَا

3. Idgham Mutaqaribain

Idgham mutaqaribain adalah bertemunya antara dua huruf yang sifat dan makhrajnya hampir sama, seperti bertemunya huruf kaf dan khof contohnya أَلَمْ نَخْلُقْكُّمْ

Adapun Idghom bighunnah adalah hukum bacaan tajwid yang cara membacanya disertai dengan mengabungkan bunyi nin mati atau ke pada huruf idghom disertai dengan dengung selama satu alif. Huruf idghom bighunnah ada 4 macam ya( ي, مِ, ن, و)

Idghom bilaghunnah adalah hukum bacan tajwid apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idghom bilaghunnah dan cara membacanya tanpa dengung. Adapun huruf idghom bilaghunnah ada 2 yaitu: am (ل) dan ro (ر).

3. Iqlab ( اِقْلَابْ )
secara harfiyah iqlab adalah menggantikan (mengubah) sesuatu dari bentuk aslinya. Iqlab juga termasuk bagian dari hukum bacaan tajwid yang harus kalian pelajari.

Hukum bacaan iqlab terjadi apabila ada nun sukun (mati) atau tanwin bertemu dengan huruf iqlab yaitu huruf ba ( ب ).

Cara Membaca Iqlab

Adapun untuk cara membaca iqlab yaitu dengan cara mengubah atau mengantikan bunyi hurug nun mati atau tanwin menjadi bunyi huruf mim. Oleh sebab itu, apabila ada huruf nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf ba' maka bibir bawah dan bibir atas menempel disertai dengan dengungan sekitar 2 harakat alif.

Contoh Bacaan Iqlab

يُنْبِتُ  Yaitu nun mati bertemu dengan ba'

جَزَاءًبِمَا Yaitu tanwin bertemu dengan ba'

4. Ikhfa’ ( اِخْفَاءْ )

Macam-Macam Hukum Tajwid
Pembagian Ikhfa

Ikhfa secara bahasa artinya samar atau  berasal dari kata khofa yang memiliki makna takut atau samar. kata samar inilah yang digunakan untuk arti ikhfa didalam ilmu tajwid.

Sedangkan menurut istilah ilmu tajwid ikhfa adalah apabila ada nun sukun (mati) atau tanwin bertemu dengan huruf ikhfa. Huruf Ikhfa ada 15 yaitu:(ت،ث،ج،د،ذ،ز،س،ش،ص،ض،ط،ظ،ف،ق،ك).

Menurut Ulama Tajwid  Ikhfa dapat didefinisikan sebagai (اَلنُّطْقُ بِحَرْفٍ بَيْنَ الْإِظْهَارِ وَالْإِدْغَامِ مَعَ مُرَاعَةِ الْغُنَّةِ) artinya membunyikan satu huruf antara Idzhar dan Idgham disertai dengan menjaga dengung.

Macam-Macam Ikhfa

Adapun hukum bacaan tajwid ikfa ada 3 macam, yaitu:
  • Ikhfa Haqiqi
  • Ikhfa Syafawi
  • Ikhfa Akrob

1. Ikhfa Haqiqi
Iqhfa haqiqi adalah hukum bacaan nun mati atau tanwin yang yang bertemu dengan huruf-huruf ikhfa yang 15.

Cara membaca ikhfa haqiqi yaitu dengan cara membuat rongga suara atau bunyi, dari rongga hidung sampai terlihat samar, atau dapat berupa suara (NG) atau (N). disertai dengan dengungan sepanjang satu sampai tiga harokat, kemudian masuk untuk membaca huruf setelah nun mati atau Tanwin.

Contoh bacaan ikhfa haqiqi
اُنْصُرْنَ Yaitu nun mati bertemu dengan shod

مَنْثُوْرًا yaitu nun mati bertemu dengan Tsa'

اِنْ كُنْتُمْ Yaitu nun mati bertemu dengan kaf

2. Ikhfa Syafawi
Ikhfa syafawi adalah apabila ada mim suku (mati) bertemu dengan huruf ba'. Secara bahasa ikhfa syafawi berasal dari 2 kata yaitu ikhfa dan syafawi, ikhfa berarti menyamarkan sedangkan syafawi berarti bibir.

Dari pengertian diatas huruf ikhfa syafawi hanya ada satu macam yaitu ba' contohnya (رَبَّهُمْ بِهِمْ) yaitu mim mati bertemu dengan ba'.

Cara Membaca Ikhfa Syafawi
Bagaimana cara membaca hukum bacaan Ikhfa Syafawi? Cara membacanya adalah dengan cara menyamarkan mim sukun pada saat bertemu degan huruf ba' dan disertai dengan suara dengung.


3. Ikhfa Akrob
Kenapa dinamakan sebagai ikhfa aqrab? karena dekat makhrajnya antara muhfa (Nun Mati atau Tanwin) dan muhfa 'alaihnya(huruf ikhfa’ aqrab) Ikhfa aqrab berasal dari 2 kata yaitu ikhfa dan aqrab, ikhfa artinya samar-samar sedangkan aqrab artinya dekat, . Adapun huruf ikhfa aqrab ada tiga yaitu: (ت) (ط) (د) Contohnya جَنَّاتٍ تَجْرِي yaitu tanwin bertemu dengan ta', مِنْ دُونِ Yaitu nun mati bertemu dengan dal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Pengetahuan Menurut Para Ahli Filsuf

Sejarah Singkat Masjid Istiqlal Jakarta

Zakat Profesi atau Zakat Penghasilan | Pengertian Lengkap