Aku mau kirim Artikel Contact Us Kirim di sini
Postingan

Mengenal Gelar Umar Faruq (عُمَرُ الْفَرُوْقِ)

Mengenal Gelar Umar Faruq

Masjidistiqlal.or.id - Umar Faruq (عُمَرُ الْفَرُوْقِ) merupakan gelar (laqab) bagi sayyidina Umar bin Khattab, yang memiliki arti pemisah antara yang hak dan bathil (عُمَرُ الْفَرُوْقِ). 

Adapun nama lengkap beliau adalah Umar bin Khattab bin Nufail bin Abdul Izzy bin Rabah bin Qirath bin Razah bin Adi bin Ka'ab bin Luay al-Quraisy al-Adawy. 

Terkadang dipanggil dengan Abu Hafash dan digelari al-Faruq. Ibunya bernama Hatimah binti Hasyim bin al-Mughirah al-Makhzumiyah, selain itu nasab beliau bertemu dengan nabi Muhammad saw yakni dari jalur Ka'ab.

Umar bin Khattab masuk Islam ketika penganut Islam kurang lebih sekitar 40 (empat puluh) orang yang terdiri laki laki dan perempuan. 

Imam Tirmidzi, imam Tabrani dan Hakim telah meriwayatkan dengan riwayat yang sama bahwa nabi Muhammad telah berdo'a: "Ya Allah, muliakanlah agama Islam ini dengan orang yang paling Engkau cintai diantara kedua orang ini yaitu Umar bin Khattab atau Abu Jahal 'Amr bin Hisyam." 

Lalu Allah mengabulkan do'a nabi Muhammad saw dengan memilih sayyidina Umar, sehingga bertambahlah kejayaan Islam dan kaum muslim dengan masuknya Umar bin Khattab. 

Hal ini sebagaimana telah diriwayatkan oleh imam Bukhori dari Ibnu Mas'ud seraya berkata: "Kejayaan kami bertambah sejak masuknya Umar." Selain itu, pernah diriwayatkan pula oleh imam Tirmidzi dari Ibnu Umar dia berkata, bahwa nabi Muhammad saw bersabdah: "Sesungguhnya Allah telah mengalirkan kebenaran melalui lidah dan hati Umar."  Umar al faruq tulisan arab yaitu seperti ini (عُمَرُ الْفَرُوْقِ)

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.